Monday, May 31, 2010

IPK SIAP MEMBANTU CIPTAKAN SITUASI KONDUSIF

Medan – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Provinsi Sumatera Utara beraudiensi kepada Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Oegroseno, Kamis (20/5). Dalam kesempatan itu, IPK menyatakan siap menciptakan dan menjaga situasi kondusif di Sumut.


Nerson Diapari Simanjuntak SH yang akrab disapa Econ didampingi Pengurus yang diantaranya Wakil Ketua Hara Ito Panggabean SE, Drs Didin Mahidin, Ir Thomas Purba, Andy P Nainggolan SE dan Bendahara Ir Andi Atmoko Panggabean mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut, karena di tengah kesibukannya masih menyempatkan diri menerima audiensi IPK.


Audiensi ini dimaksudkan, selain mempererat jalinan silaturahmi juga kesiapan IPK untuk turut menciptakan dan menjaga situasi kondusif di Sumut,” kata Econ di Medan, Selasa (25/5)


Menurut Econ, menciptakan situasi kondusif aman dan tertib bukan hanya monopoli aparat kepolisian, tapi juga membutuhkan partisipasi seluruh elemen masyarakat. Karenanya, IPK siap menerima amanah untuk menciptakan situasi kondusif dan tertib di Sumut.


Namun, imbuhnya, semua itu tidak terlepas dari bimbingan dan arahan dari Kapolda Sumut. Apalagi, Kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumut akan memasuki putaran kedua Pilkada. “ IPK akan menjadi garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban serta kondusifitas yang selama ini telah tercipta, “ ujar Econ.


Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Oegroseno menyambut baik kesiapan dan dkungan IPK. Kapolda meminta agar IPK sebagai elemen Kepemudaan di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi contoh teladan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban.


Sebab, saat ini masyarakat, khususnya di lapisan paling bawah, tengah terjadi distorsi pemahaman tentang hukum. Hal ini berdampak buruk dalam penegakan hukum. “Ini sering terjadi di tengah-tengah masyarakat dan cenderung menciptakan konflik horizontal seperti yang baru terjadi di Kabupaten Mandailing Natal,” kata Econ.


Dalam kesempatan itu, jelas Econ, Jenderal bintang dua tersebut juga bercerita banyak tentang pengalaman dinasnya memimpin institusi Polri pada beberapa daerah di tanah air, sebelum bertugas di Sumut.


Terkait isu begu ganjang di Tapanuli Utara (Taput), IPK meminta agar pihak Kepolisian di seluruh jajaran memberikan pemahaman hukum yang baik kepada masyarakat, agar hal-hal seperti itu tidak terulang.


“Kapolda menyambut baik saran demikian dan sesegera mungkin mencari akar masalah dari persoalan yang muncul di masyarakat. Kapolda berjanji akan duduk bersama dengan tokoh-tokoh adat, tokoh agama dan lainnya,” jelas Econ.

No comments:

Post a Comment