Sunday, June 19, 2011

Ribuan Massa Hadir Dalam Sunat Massal Keluarga Besar IPK

Medan,

Segerombolan bocah-bocah usia belasan tahun, sibuk mencari tempat duduk yang nyaman di bawah tenda yang penuh dengan hiasan warna-warni. Didampingi ayah atau ibu mereka masing-masing, terlihat bocah-bocah ini sangat antusias mengikuti acara yang akan menghantar mereka menuju kedewasaan. Tampak sorot mata yang kelihatan tegar terpancar dari beberapa bocah, acuh seperti siap menghadapi apa yang terjadi. Namun tak sedikit sinar gentar terpancar dari mata bocah-bocah yang tahu bahwa mereka akan segera di khitan.

Di depan tenda, disebuah pentas berukuran 3 x 4 meter, terlihat panitia sibuk mengatur rombongan bocah yang baru datang, suara pengeras suara terdengar bertingkah dengan jerit dan teriak para bocah. Tepat pukul 08.30, Team Medis dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, siap menjadi eksekutor dalam menjalankan tugasnya mengkhitankan bocah-bocah tersebut satu persatu.

Dengan senyum ramah, 50 orang tenaga medis dari FK UISU Medan membawa bocah-bocah menuju kedewasaan mereka. Tak kurang dari 328 bocah pada Sabtu pekan kemarin, di Khitan dalam kegiatan Sunat Massal Keluarga Besar Ikatan Pemuda Karya yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Provinsi Sumatera Utara.

Mengambil tempat di Sekretariat organisasi kepemudaan terbesar di Sumatera Utara tersebut, Jalan Burjamhal B-31 Medan, acara yang dihelat sejak pagi dan berakhir menjelang malam tersebut berlangsung sukses.

Imah (34) Salah seorang ibu yang anaknya ikut di khitan mengatakan, bahwa dirinya merasa terbantu dengan adanya kegiatan sunat massaltersebut. Bagi Imah, yang berasal dari keluarga sederhana ini, biaya yang harus mereka keluarkan untuk mengkhitan anak tergolong mahal. Maka begitu mendengar ada kegiatan sunat missal dari para Pengurus Ranting IPK di Desanya, Imah mendaftarkan seorang anaknya menjadi peserta sunat massal.

“Kami sangat berterima kasih pada Ikatan Pemuda Karya, semoga kegiatan ini dilakukan setiap tahun, karena sangat membantu kami-kami masyarakat yang kurang mampu ini,” ujar warga dari Kampung Lalang Kecamatan Sunggal ini.

Sementara itu, Ketua DPD IPK Provinsi Sumatera Utara, Nerson Diapari Simanjuntak, SH kepada IPKNews dan media lainnya mengatakan, bahwa kegiatan sunat massal ini akan menjadi agenda tahunan dari program kerja organisasi yang dipimpinnya.

“Tahun depan kegiatan sunat massal ini akan dilaksanakan lagi, bahkan Insya Allah dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi. Rencananya tahun depan kita akan mengkhitan 1000 anak dari keluarga kurang mampu yang ada di Sumatera Utara,”katanya.

Ditambahkannya, belajar dari sukses acara yang dihelatnya dan antusiasme masyarakat mengikuti sunat massal IPK Sumut kali ini, pria yang akrab di sapa Echon Simanjuntak ini, semakin terpanggil untuk mengadakan kegiatan yang lebih besar dan menyentuh lapisan masyarakat di Sumatera Utara.

“IPK akan selalu berbuat bagi masyarakat Sumatera Utara, IPK Provinsi Sumatera Utara menjadi garda depan untuk mensukseskan komitmen Ketua Umum DPP IPK, Budi Panggabean untuk memajukan IPK dengan kegiatan-kegiatan yang menyentuh lapisan masyarakat. IPK Sumut Siap untuk melaksanakan amanat tersebut,” ujarnya didampingi Sekretaris DPD IPK Provinsi Sumut, Sutrisno,S.Ag, Wakil Ketua DPD IPK Provinsi Sumut, T Ziral Ukri (Nyak), Sahat Simorangkir, Lasdi Armand, Jhon Kennedy Tamba, Drs. Didin Mahidin, Benny Sipayung, Charles Panggabean serta pengurus DPD IPK Provinsi Sumatera Utara lainnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kadisporasu, Ketua DPD IPK Kota Medan, Basirun didampingi Sekretaris Zainal Abidin,SH, Ketua DPD IPK Kota Tebing Tinggi, Hermanto Erick Sitorus, PAC IPK Se Kota Medan dan keluarga besar Ikatan Pemuda Karya di Sumatera Utara.

No comments:

Post a Comment